CARA MENGIRIM AYAM / BURUNG / KUCING / ANJING / HEWAN LAINNYA MENGGUNAKAN CARGO / KARGO PESAWAT TERBANG

Bagi anda yang bingung bagaimana cara mengirim ayam , burung, kucing, anjing, ataupun hewan lainnya, saya akan coba menjelaskan bagaimana proses pengurusan pengiriman hewan melalui kargo. pengiriman hewan lintas pulau  tidak bisa melalui jasa ekspedisi barang. Untuk itu anda harus mengirimnya menggunakan layanan kargo di maskapai penerbangan. Namun pengiriman melalui kargo memiliki aturan tersendiri. Ada dokumen yang harus dilengkapi. tata caranya sebagai berikut :

A. Pengiriman jika di kota anda ada Balai Karantina Hewan.

Ibukota Propinsi, maupun kota besar yang memiliki bandara ataupun dermaga, biasanya terdapat kantor balai karantina hewan. Jika kota anda ada kantor tersebut, maka pengurusannya relatif lebih mudah. urutannya adalah sebagai berikut :

1. Untuk unggas, harus ada surat keterangan dari dokter hewan, anda tinggal bawa hewan yang akan dikirim ( sampel saja ) ke lab di dinas peternakan. Di sana darah unggas akan diambil dan di test apakah positif virus flu burung atau tidak. Jika virus HI (flu burung) negatif, dari hasil uji lab tadi, dokter hewan akan memberikan SKKH ( surat keterangan kesehatan hewan) biayanya relatif murah. uji lab sekitar Rp. 3000 dan SKKH gratis. Untuk kucing dan anjing, perlu di vaksin terlebih dahulu disertai vaksin rabies. jika tempat anda termasuk wilayah terjangkit virus rabies, anda tidak akan bisa mengirim hewan anda.  setelah surat SKKH jadi, anda tinggal melanjutkan ke balai karantina hewan, biasanya lokasinya di area kargo pesawat. Di balai karantina akan dilakukan pengecekan kesehatan hewan, pastikan saat akan dikirim ayam, kucing, anjing atau binatang peliharaan anda sehat. apabila sudah dinyatakan sehat oleh dokter di karantina, maka pihak karantina akan menerbitkan sertifikat kesehatan hewan (SKH) dan kwitansi biaya yang perlu dibayar. setelah urusan di karantina selesai, anda tinggal pilih kargo pesawat kesayangan anda. Dari pihak maskapai akan menimbang, terakhir kali saya mengirim ayam, biaya kargo per kg adalah Rp. 15.000 dengan minimum charge 10 KG. Setelah ditimbang, anda akan memperoleh Surat Muatan Udara (SMU) dan kwitansi tagihan biaya kirim. Nomor pada SMU digunakan sebagai nomor resi pengambilan hewan.



DINAS PETERNAKAN ----> BALAI KARANTINA--------> KARGO MASKAPAI--->KIRIM
(uji lab & SKKH)                    (Cek kondisiI & SKH)             (penimbangan&SMU)



CONTOH FORM SKKH
 
FORM SERTIFIKAT KESEHATAN HEWAN


KWITANSI KARANTINA
FORM SURAT MUATAN UDARA

B. Pengiriman jika di kota anda TIDAK ada Balai Karantina Hewan.

Tatacaranya sama dengan yang dijelaskan di atas, namun ada tambahan dokumen yang perlu dilengkapi, yaitu sebelum melakukan tata cara diatas, anda harus menyiapkan SURAT PENGANTAR REKOMENDASI PENGELUARAN HEWAN dari dinas peternakan di kota anda. Selanjutnya anda tinggal melakukan tata cara seperti yang dijelaskan pada huruf A diatas 
surat pengantar rekomendasi pengeluaran hewan



Post a Comment

27 Comments

  1. KALO ANJINGNYA MASIH BERUMUR 4 BULAN BOLEH GAK DIKIRIM

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya boleh pak, asalkan ada SKKH dari dinas terkait. hanya saja jika daerah asal pengiriman terdapat kasus rabies, anjing gak bisa dikirim ke lokasi yang bebas rabies.

      Delete
  2. apakah anjing yg dikirimkan ke luar pular harus berstampboom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami belum berpengalaman terkait pengiriman anjing, secara umum, persyaratannya sama, yaitu SKKH. untuk stampboom mungkin persyaratan yang harus dilengkapi di dokter hewan agar dapat diterbitkan SKKH

      Delete
  3. Pak saya punya temen dr philiphine saya mau dikasi minta sepasang ayam..gmana cara pengirimannya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin mengurus dokumen bisa langsung ke dinas peternakan pak... hanya saja perlu diperhatikan negara asal masuk list merah dinas peternakan Indonesia atau tidak.

      Delete
  4. kalo pengiriman unggas melalui darat...antar kota, syaratnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika pengiriman darat antar kota tidak perlu dokumen pak.

      Delete
  5. Om biaya untuk di balai karantina nya berapa kalo untuk 10 ekor burung?

    Thanks Salam,
    Peternak Lovebird

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam... biaya balai karantina termasuk murah pak, per ekornya beda beda, namun masih dibawah rp.30.000. hanya saja khusus burung ada instansi tambahan yaitu BKSDA, apakah burung tersebut termasuk hewan dilindungi atau tidak.

      Delete
  6. Tolong om untuk biaya pengiriman burung 50 ekor brp ya..dari mulai dinas pertenakan..karantina sampai masuk cargo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung saya belum pernah kirim mas. untuk pengeluaran di dinas tidak terlalu besar, yang besar adalah biaya kargonya, tiap pesawat beda beda, sekitar Rp. 100 sd 200 ribuan, dan dimensi juga diberlakukan

      Delete
  7. Mohon maaf.. Saya mau tanya gimana cara membawa ayam dari malysia ke indonesia.. Dan bila sesampai nya di indonesia bisa gak ayam ni langsung di bawa pulang (tidak di karantina) mohon info nya.. Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih boleh langsung dibawa mas, kalau sudah di kargo kita tidak berurusan lagi dengan pihak karantina.

      Delete
  8. Maap benar ni rajabumen dari kebumen.. Minta alamatnya pak ? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=bumenstar silakan pak...

      Delete
  9. Klw kirim kebatam lewat kroya bs nggak bos

    ReplyDelete
  10. Bgmana prosedur penerimaan cargo anak ayam di bandara

    ReplyDelete
  11. Misalkan saya berangkat menggunakan pesawat terus bawah unggas ,tapi dalam jumlah yang banyak (10 ekor) misalnya .itu bisa tidak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pak... asalkan surat dokumennya diurus terlebih dahulu sebelum bapak pesan tiket pesawat.. berdasarkan pengalaman, butuh waktu 4 hari s.d. 1 minggu untuk ngurus dokumen sampai kargo.

      Delete
  12. pak kalo ngirim musang dari lampung ke surabaya berapa lama pak prosesnya apa aja mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa dekat lokasi bapak dengan bandara pak... namun jika lokasi bapak dekat dengan dinas peternakan dan bandara, pengurusan dokumen antara 4 s.d 1 minggu... yang paling lama adalah menunggu hasil lab dari dinas peternakan, itu memakan waktu 3 hari... sisanya sih cepat.

      Delete
  13. Klu saya mau Bawak ayam dr Bangkok..berarti saya urus surat2 nya dr negara asal ayam tersebut ya pak.. tolong dong ceritakan rangkayan nya pak..dr mulai membeli hewan dr luar negri sampai ke indo.

    ReplyDelete
  14. Yg minat adopsi kitten persia peaknose anakan dpt free 1 kandang ya.☞Untuk Info Lebih Jelas dan tanya jawab..
    Cara Pemesanan bisa langsung et.
    → Wa :📲 : 083131264354

    ReplyDelete
  15. Ma'af pak numpang tanya, saya d kediri jatim klo kirim ayam ke sumbawa kira" biaya total nya berapa pk ? Untuk 1 ekor ayam,

    ReplyDelete

PERNAH DENGAR AYAM KAMPUNG PENGHASIL DAGING NO.1?

Ayam Rajabumen adalah produk crossbreeding bermacam jenis ayam kampung yang telah berhasil kami lakukan.. Sangat ekonomis.. Silakan klik untuk melihat detail..

GIMANA RASANYA KALO PUNYA AYAM KAMPUNG YANG TAMPILANNYA INDAH DAN TIAP HARI BERTELUR?

Saya sedang mengembangkan proyek ayam kampung petelur dengan menyilangkan Koko, ayam jantan keturunan Lohman dan plymouth dengan Nyai Dasimah, ayam kampung asli yang bermutasi selalu bertelur dan tidak mengeram, silakan klik untuk melihat detail ..

KENALIN NIH..AYAM PECINAN, DAGINGNYA SANGAT GURIH..

Ayam ini jadi andalan masyarakat Tionghoa di Singkawang. Bulunya halus, tingkahnya lucu, cocok dipelihara sebagai cadangan daging. silakan klik untuk melihat detail..

CALON TANDINGAN AYAM PHILIPHINE, AYAM KAMPUNG PETARUNG TERBANG

Kiprah ayam philipine pada laga sabung pisau tidak diragukan kepopulerannya. Namun, saya mencoba mencetak ayam tempur baru dengan kawin silang antara pejantan mutan dengan super seleksi betina terbang..

ANDA INGIN TAU AYAM HIAS SEPERTI APA HASIL KAWIN SILANG DARI AYAM KAMPUNG MUTAN INI????

Ikuti perkembangan ayam mutan ini dalam misi mencetak ayam kampung hias.