AYAM PECINAN, AYAM KAMPUNG SELERA TIONGKOK, ASLI SINGKAWANG

Ayam Pecinan atau masyarakat singkawang menyebutnya dengan ayam Cine ( Cina ) adalah ayam yang sering ditemui dan dipelihara oleh masyarakat tionghoa Singkawang. Saya mencoba menyelidiki asal - usul ayam pecinan ini. dari setiap orang yang ditemui memelihara, beberapa penjual ayam di pasar , dan pedagang pakan, saya telusuri hingga akhirnya bermuara pada 1 nama yaitu bapak Asau.
Pria berdarah Tionghoa ini merupakan tangan pertama peredaran ayam Pecinan di Singkawang karena semua peternak membeli indukan darinya. Waktu saya tanyai darimana beliau mendapatkan ayam Pecinan, beliau mengatakan bahwa ayam ini sudah dipelihara turun temurun. Sebenarnya ayam Pecinan adalah nama yang saya sematkan agar lebih mudah untuk menandai ayam ini. Sedangkan Bapak Asau sendiri lebih suka menyebut ayamnya ayam kampung biasa. Sejak dahulu, bapak Asau tidak pernah membeli ayam dari luar, sehingga ayam Pecinan peliharaan Bapak Asaulah yang merupakan Turunan murni ayam pecinan. Karena keterbatasan tempat, Bapak Asau tidak memelihara dalam jumlah besar, lagipula pekerjaan aslinya adalah seorang petani. Mulai dari sinilah Bumenstar berupaya mengoptimalkan kualitas ayam Pecinan. kami memesan DOC dalam jumlah banyak, lalu akan mensortirnya tiap periode tertentu hingga terpilih Indukan untuk dijadikan Grandparent stock. Ayam pecinan ini sangat diminati oleh masyarakat Tionghoa terutama saat - saat upacara keagamaan dan sembayang kubur.

Berikut ini adalah Indukan Pertama ayam Pecinan :







Post a Comment

0 Comments

PERNAH DENGAR AYAM KAMPUNG PENGHASIL DAGING NO.1?

Ayam Rajabumen adalah produk crossbreeding bermacam jenis ayam kampung yang telah berhasil kami lakukan.. Sangat ekonomis.. Silakan klik untuk melihat detail..

GIMANA RASANYA KALO PUNYA AYAM KAMPUNG YANG TAMPILANNYA INDAH DAN TIAP HARI BERTELUR?

Saya sedang mengembangkan proyek ayam kampung petelur dengan menyilangkan Koko, ayam jantan keturunan Lohman dan plymouth dengan Nyai Dasimah, ayam kampung asli yang bermutasi selalu bertelur dan tidak mengeram, silakan klik untuk melihat detail ..

KENALIN NIH..AYAM PECINAN, DAGINGNYA SANGAT GURIH..

Ayam ini jadi andalan masyarakat Tionghoa di Singkawang. Bulunya halus, tingkahnya lucu, cocok dipelihara sebagai cadangan daging. silakan klik untuk melihat detail..

CALON TANDINGAN AYAM PHILIPHINE, AYAM KAMPUNG PETARUNG TERBANG

Kiprah ayam philipine pada laga sabung pisau tidak diragukan kepopulerannya. Namun, saya mencoba mencetak ayam tempur baru dengan kawin silang antara pejantan mutan dengan super seleksi betina terbang..

ANDA INGIN TAU AYAM HIAS SEPERTI APA HASIL KAWIN SILANG DARI AYAM KAMPUNG MUTAN INI????

Ikuti perkembangan ayam mutan ini dalam misi mencetak ayam kampung hias.