SEJARAH ASAL MUASAL PROGRAM PENGEMBANGAN MUTASI GENETIK DAN KAWIN SILANG BUMENSTAR FARM

Daging ayam kampung lebih gurih, telurnya lebih bergizi tetapi kenapa pamornya kalah dengan ayam ras pedaging broiler dan ayam ras petelur leghorn ???? Dalam ajang aduan, ada ayam Bangkok Thailand, ayam Saigon Vietnam, Ayam Samo Jepang, ayam Burma Myanmar, ayam Brazil, ayam Philipine, dari sekian jenis ayam laga, kenapa tidak ada ayam Indonesia ?

Di luar negeri, petani selalu melakukan terobosan peningkatan kualitas ternak. dari hasil kawin silang yang mereka lakukan atau rekayasa genetika, mereka mampu mencetak ternak jenis baru yang membawa sifat unggul. Berawal dari ini, Saya selaku pencetus Bumenstar melakukan inovasi crossbreeding ayam - ayam kampung domestik menjadi ayam kampung pedaging, ayam kampung petelur, ayam kampung petarung, ayam kampung hias. Saatnya kita mulai untuk melangkahkan kaki. Kita junjung tinggi keberadaan ayam kampung menjadi konsumsi utama masyarakat Indonesia. Ayo ! bersama - sama kita yakinkan pemerintah untuk ekspor ayam kampung milik Indonesia. Mari kita budayakan berinovasi & berkarya untuk masa depan yang lebih cerah, mari kita berdiskusi dan saling menambah ilmu. Saya amati orang berani beli mahal untuk ayam impor, dengan segala anggapan akan keunggulan dan keasliannya. Lantas apakah ayam kampung Indonesia tidak asli ? atau tidak unggul ? 
Untuk menjawab pertanyaan ini, saya amati perbedaan ayam kampung dengan ayam Impor, dan mengapa ayam - ayam dari luar negeri dianggap lebih baik dari ayam kampung.


a. Dari segi ayam konsumsi, 
sumber : ayambroiler.com
ayam kampung tidak komersial karena lambat besar, meskipun dagingnya sangat gurih dan sedikit lemak, ayam kampung bukanlah prioritas utama. Justru ayam impor ras broiler menjadi andalan konsumsi masyarakat karena cepat besar dan harganya yang lebih murah. Dari sini kita bisa simpulkan, Petani enggan beternak ayam kampung karena disamping perawatannya lama, peminatnya juga sedikit. Permintaan pasar sebenarnya banyak. Kota kota besar seperti jakarta, bandung, bekasi, depok, tangerang, membutuhkan banyak ayam kampung. Lambatnya pertumbuhan menjadikan harga ayam kampung mahal. Problem yang harus kita pecahkan adalah bagaimana agar ayam kampung cepat besar ???

b. Dari segi ayam penghasil telur, 
sumber ; bralingmascakeb.blogspot
ayam kampung sedikit sekali bertelur, telurnya pun lebih kecil dibandingkan ayam ras petelur seperti Leghorn, Lohmann, atau Rhode island yang dapat bertelur sepanjang tahun. Ayam ras dapat bertelur sepanjang tahun karena mereka tidak mengerami telurnya. Saya ambil kesimpulan, jika ayam kampung tidak mengerami telurnya, maka ayam kampung dapat bertelur sepanjang tahun. Lalu bagaimana cara agar ayam kampung tidak lagi mengerami telurnya???



c. Dari segi ayam aduan, 
sumber : mandailingfarm.wordpress
ayam lokal kita dipandang sebelah mata, jika dari segi daging dan telur ayam kampung lebih mahal per kilonya, namun dari segi ayam aduan ayam kampung tidak bernilai. Ayam aduan bisa berharga sangat mahal karena banyak menghasilkan uang jika menang di arena judi. Ayam - ayam impor ini disamping perawakannya yang kuat dan kokoh, teknik bertarungnya pun handal. Tidak bisa dipungkiri, tulangan yang kuat adalah ayam - ayam asia tenggara khususnya Thailand dan Vietnam. belum ditemukan tulangan ayam yang menandingi kekuatan dari ayam - ayam thailand dan vietnam. Kesimpulan saya, Dalam seni bertarung yang paling penting adalah kemenangan, tidak peduli ayam itu kuat atau tidak, besar atau kecil, asalkan mampu mengalahkan lawannya, harusnya dialah ayam petarung sejati. Namun orang lebih suka memiliki ayam yang berpenampilan sangar. Apa sebabnya ayam - ayam Thailand dan Vietnam bisa sangat kuat dan bermental juara, sedangkan ayam kampung kita tidak ???

APAKAH ANDA MENYADARI SUATU HAL ????? mungkin ada perlakuan yang berbeda antara masyarakat luar negeri dengan masyarakat kita. 
Ternyata petani di luar negeri selalu berinovasi dan mempelajari bagaimana mencetak ternaknya dengan cara mengawinkan ternaknya berkali kali dengan indukan yang berbeda sampai terbentuk suatu jenis baru yang mewarisi sifat - sifat unggul indukannya.

DARI SINILAH POLA PIKIR SAYA BERUBAH. Ayam kampung tidak memiliki sifat unggul yang tetap karena mereka dipelihara secara tradisional, mereka dibiarkan kawin secara alami dan acak. Akibat kawin yang tidak terkontrol, maka pewarisan sifat pun tidak bisa dilihat. Karena itu kita harus membiasakan diri untuk belajar bagaiman cara menampilkan ayamm kampung dengan puncak performanya. PERLU ANDA KETAHUI, AYAM KAMPUNG DI INDONESIA BANYAK SEKALI RAGAMNYA. TINGGAL BAGAIMANA CARA KITA MEWARISI SIFAT UNGGUL AYAM KAMPUNG DAN MEMPERBAIKI KEKURANGANNYA.

Ada ayam kampung asli Indonesia yang sangat saya banggakan. apakah ayam ini yang ada dipikiran anda juga??? saya sangat mengagumi ayam Cemani. Ayam Cemani adalah ayam yang sangat khas dengan penampilannya yang serba hitam. Bahkan menjadi ayam termahal di Amerika. Saya mencari tahu awal mula ayam Cemani. apakah sudah sedari awal hitam ??? Ayam cemani ternyata adalah ayam keturunan dari ayam kedu hitam.
sumber : backyardchicken..com & cemaniku.blogspot
Warna hitam pada bulu mungkin diwariskan dari ayam kedu, namun warna hitam pada kepala dan daging disebabkan adanya MUTASI GEN yang disebut dengan "fibromelanosis". Lalu ada ayam Bekisar yang merupakan hasil KAWIN SILANG yang tidak sengaja antara ayam hutan hijau dengan betina ayam kampung. Ayam bekisar merupakan jenis burung / ayam hias yang eksklusif.

sumber : majalahburungpas..com
Suara kokoknya  menjadi pemikat para kolektor. Selain ayam CEMANI dan BEKISAR, ayam asli Indonesia yang membanggakan adalah ayam PELUNG, ayam KETAWA , dan ayam SUMATERA. dari semua jenis yang saya sebutkan diatas semua tergolong ayam hias. Belum ada ayam kampung penghasil telur dan penghasil daging, serta ayam aduan asli Indonesia yang berprestasi. sedangkan ayam kampung super (Joper) tidak masuk hitungan ayam kampung bagi saya. bagaimana tidak, betinanya rhode island dan pejantannya trah bangkok, dibagian mana ayam kampungnya???
Atasan ulasan di atas, saya menemukan cara untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki ayam kampung dalam hal bertelur, penghasil daging , dan aduan. Dengan mengamati asal muasal ayam Cemani dan ayam Bekisar, saya mengambil kesimpulan bahwa. Kekurangan ayam kampung dapat diperbaiki dengan MUTASI GENETIK dan KAWIN SILANG, seperti para petani - petani luar negeri yang selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas ayam -ayam mereka. 
Namun satu hal yang saya hindari adalah rekayasa genetika, yang akan saya lakukan adalah mengawin silangkan ayam - ayam bibit unggul dan membiakkan ayam mutan alami ( ayam yang mengalami mutasi genetik secara alami).
Awalnya saya bingung harus memulai darimana. Namun karena sudah diniatkan, pelan - pelan saya dapatkan Indukan superbreed dan ayam - ayam mutan alami dalam jangka waktu lebih dari satu tahun.

1. PROYEK BREEDING BUMENSTAR PERTAMA KALI ADALAH AYAM KAMPUNG PEDAGING.

JAKLUNG
 Ayam - ayam ini saya beri nama supaya saya mudah dalam menyebutnya. Ayam - ayam seperti ini sebenarnya sudah banyak beredar di Singkawang, Kalimantan Barat. Namun penampilannya masih beraneka ragam dan tidak stabil pewarisan gennya. Oleh karenanya saya mencari ayam seperti ini dengan standar besar, warna cokelat, kaki hitam , jengger berbentuk kacang. Tidak ada lelahnya setiap jam istirahat kantor atau hari libur saya pergi keliling pasar tradisional, lokasi ternak, atau ke desa - desa pinggiran hutan. Hingga pada akhirnya saya bertemu dengan Bpk. Sudarmaji , Bpk Asong, dan Bpk. Asyin.
Bpk. Sudarmaji - Peternak, kini beralih ke bebek
LULA, LILI, LALA
Bpk Asong - Peternak ayam
Bpk. Asyin - penjual Ayam
Dari ketiga orang tsb, Ayam pak Sudarmaji yang paling berkualitas. namun sayang kini dia tidak memelihara lagi. 


2. PROYEK AYAM KAMPUNG PETELUR

Belum ditemui ayam kampung yang bisa bertelur sepanjang tahun. Saya sempat teringat, semasa saya kecil, Pakde saya punya seekor ayam betina yang bertelur sampai 25 butir. lalu karena sering memakan telurnya sendiri dan tidak ngeram - ngeram, pakde saya kesal dan akhirnya menyembelih ayam tersebut. Pakde saya saat itu tidak berpikir berharganya ayam tersebut, karena bisa saja menjadi indukan awal ayam kampung petelur.
Nyai Dasimah
Saya beruntung bisa dapatkan ayam disamping. Untuk mencetak ayam kampung petelur, saya beranggapan harus memiliki ayam kampung yang tidak mau mengeram dalam hal ini berarti saya harus berharap menemukan mutan karena sifat mengeram sudah tercatat dalam gen sebagai naluri alami ayam. Saya dapatkan beberapa ekor betina yang katanya tidak mau ngeram. pertama saya cek dahulu apakah itu ayam kampung asli atau bukan, setelah memenuhi syarat, satu per satu, sambil mencari waktupun berlalu, ayam yang saya dapat, saya catat perolehan telurnya. Dari sekian banyak, ada satu yang membuat saya senang. ayam putih tua bertaji dan berdiri tegak ini sudah bertelur lebih dari 40 butir sampai dengan artikel ini dibuat. Pada telur ke 25, ayam ini menampakkan tanda - tanda akan mengerami telurnya, ketika saya test menaruh telur dalam sangkarnya, tidak sekalipun dia mengeram, justru malah dia bertelur lagi. namun tidak full setiap hari ayam ini bertelur, akan ada hari dimana dia istirahat tidak bertelur.

Ini penampakan nyai dasimah dari belakang. tubuhnya relatif kecil, sekalipun untuk ukuran ayam kampung. Bagian leher bergelambir mungkin karena tua. Ayam berjalan agak berdiri bukanlah keturunan ayam samo, saya memprediksi karena adanya mutasi genetik cacat. Saya juga berpendapat, nyai dasimah tidak mengerami telurnya akibat pengaruh adanya taji ( jalu ) di kakinya. saya berkata demikian karena mungkin ayam ini mewarisi sifat ayam pejantan, ditambah lagi ayam pejantan paling agresif milik saya ( Megatron ) menolak mengawininya, bahkan melancarkan serangan dan pukulan keras ke tubuh Nyai Dasimah. Mungkin saja pejantannya keliru mengira Dasimah ini ayam pejantan lain.



sisa telur dasimah yang belum ditetaskan
 Tampak taji / jalu yang melingkar ke atas di kaki Nyai Dasimah. telur - telur Dasimah sudah banyak ditetaskan, namun masih saya kawinkan dengan pejantan kampung sektor aduan ( Datuk dan Megatron) karena pada saat itu saya belum menemukan sosok pejantan petelur yang saya imajinasikan.


SOSOK PEJANTAN DITEMUKAN !!!!!!!

KOKO
Akhirnya Nyai Dasimah dapat jodoh, sepintas ayam ini tidak terlihat seperti ayam kampung. ya.. anda benar. Koko adalah ayam superbreed ( ayam hasil crossbreed yang mewarisi sifat unggul )
Saya memesan ayam jantan dengan kriteria bulu tebal, jengger tunggal bergerigi, kaki kecil berbulu jali warna coklat di badan dan kuning di leher. Betapa terkejutnya saya, meski datang dalam waktu lama, saya berhasil mendapatkan ayam yang saya imajinasikan.
pemilihan jengger tunggal dan bulu tebal adalah karena itu menandakan dia ayam petelur yang handal ( belum ada bukti atas teori pribadi saya ini) sedangkan pemilihan warna bulu adalah agar nantinya ayam saya akan terkesan eksotis.
Kenapa saya tidak gunakan ayam kampung asli melainkan dengan ayam silangan trah petelur LOHMANN X PLYMOUTH ROCK ini adalah karena saya khawatir, gen pewaris dari Nyai Dasimah tidak diturunkan pada anakannya andai saja gen pejantan lebih dominan. Oleh sebab itu dengan disilangkannya dengan ayam hybrid silangan 2 ayam ras petelur tangguh.
sumber : youtube
sumber : youtube
saya harap tercipta ayam F1 yang mewarisi sifat 100% tidak mengeram. Tidak ada jaminan teori saya ini berhasil. Tapi di sinilah tantangannya. Andai nantinya menetas anakan dari Koko dan Dasimah, akan saya lanjutkan dengan INBREEDING antar anakan juga inbreeding antar anakan jantan dengan Dasimah, hingga hasil telur sudah benar - benar berwujud ayam kampung, dengan mempertimbangkan keunikan warna sehingga ayam hasil akhir menjadi ayam hias yang jago bertelur..Saya tidak dapat memastikan dari Indukan apa Koko dilahirkan, Namun saya yakin setidaknya 1 dari 2 foto ayam hybrid ini adalah Induknya.

SILAKAN KLIK LINK INI JIKA ANDA TERTARIK MENGIKUTI KELANJUTAN DETAIL PROGRAM PERSILANGAN MUTAN AYAM KAMPUNG BERNAMA DASIMAH DENGAN AYAM HYBRID BERNAMA KOKO

Post a Comment

2 Comments

  1. kalo boleh tau, dari mana dapat ayam superbreed...cakep banget....saya juga lagi mencoba mengembangkan ayam jumbo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pesan di beberapa pedagang ayam dan makelar ayam mas. caranya saya pesen sesuai kriteria. mereka menghubungi saya ketika menemukan ayam yg saya cari. saya tawarkan harga mahal sehingga mereka serius dalam mencari ayam yg saya pesan. Tempat mencari juga menentukan mas. Di sini saya beruntung karena wilayah Singkawang dekat dengan malaysia. orang malaysia biasa mengimpor berbagai jenis unggas. sudah sejak dulu, banyak orang indonesia yg mencari kerja di malaysia, sehingga ada saja yang membawa serta jenis ayam baru dari malaysia ke indonesia. dari jenis - jenis itulah dilahirkan ayam - ayam secara acak (random) atau gennya tidak sempurna. sedangkan ayam superbreed adalah istilah pribadi saya untuk menyebut ayam hasil persilangan yang membawa sifat unggul.

      Delete

PERNAH DENGAR AYAM KAMPUNG PENGHASIL DAGING NO.1?

Ayam Rajabumen adalah produk crossbreeding bermacam jenis ayam kampung yang telah berhasil kami lakukan.. Sangat ekonomis.. Silakan klik untuk melihat detail..

GIMANA RASANYA KALO PUNYA AYAM KAMPUNG YANG TAMPILANNYA INDAH DAN TIAP HARI BERTELUR?

Saya sedang mengembangkan proyek ayam kampung petelur dengan menyilangkan Koko, ayam jantan keturunan Lohman dan plymouth dengan Nyai Dasimah, ayam kampung asli yang bermutasi selalu bertelur dan tidak mengeram, silakan klik untuk melihat detail ..

KENALIN NIH..AYAM PECINAN, DAGINGNYA SANGAT GURIH..

Ayam ini jadi andalan masyarakat Tionghoa di Singkawang. Bulunya halus, tingkahnya lucu, cocok dipelihara sebagai cadangan daging. silakan klik untuk melihat detail..

CALON TANDINGAN AYAM PHILIPHINE, AYAM KAMPUNG PETARUNG TERBANG

Kiprah ayam philipine pada laga sabung pisau tidak diragukan kepopulerannya. Namun, saya mencoba mencetak ayam tempur baru dengan kawin silang antara pejantan mutan dengan super seleksi betina terbang..

ANDA INGIN TAU AYAM HIAS SEPERTI APA HASIL KAWIN SILANG DARI AYAM KAMPUNG MUTAN INI????

Ikuti perkembangan ayam mutan ini dalam misi mencetak ayam kampung hias.